Windows CE


Windows CE adalah perangkat lunak keluaran Microsoft untuk perangkat keras organizer. Organizer Windows CE tersedia dalam dua bentuk, sebagai Handheld yang horizontal dan Palmsize yang vertikal.

Versi

Versi Handheld memiliki keyboard dan pena untuk input, sedangkan Palmsize menggunakan layar tampilan yang lebih kecil dan pena. Handheld dilengkpi dengan Pocket-Office-Suite komplit berisi Word, Exel, PowerPoint dan Outlook. Palmsize hanya dilengkapi dengan Pocket-Outlook sebagai channel browser (Internet Explorer mini) dan Notetaker sebagai editor. Tetapi kini banyak perkembangan yang terjadi pada Palmsize yaitu layar tampilan telah berwarna.

Kelebihan

Windows CE dapat membuktikan beberapa kelebihan, tampilannya tampak familiar dan hanya Windows CE yang memiliki tampilan warna. Handheld yang horizontal juga memiliki keistimewaan yaitu pada kecepatan. Pada Palmsize, Windows CE menunjukkan apa yang secara teknis sudah dapat dilakukan, terutama dalam bentuknya yang kompak.

Sistem operasi ini dikeluarkan Microsoft, yang ditujukan untuk komputer kecil yang dapat dibawa-bawa. Sesuai dengan namanya CE (Comercial Edition), versi ini dibuat oleh Microsoft untuk peralatan-peralatan diluar komputer PC. Windows CE didesain untuk sistem operasi pada komputer mobil, PDA, peralatan-peralatan rumah tangga yang menggunakan komputer, dan lain-lain. Tampilan Windows CE ini sangat mirip dengan tampilan Windows 95, oleh karena itu bagi pengguna Windows dapat langsung mempelajarinya dengan mudah. Pada PDA yang menggunakan sistem operasi Windows CE terbagi atas dua jenis, yaitu  Handheld yang horizontal dan Pocket PC (sebelumnya diberi nama Palm PC dan Palmsize PC) yang vertikal. Untuk versi vertikal, didesain untuk menyaingi pasar Palm. Versi vertikal ini dimulai dari veri “2.0”, dengan tampilan mirip Windows 95. Pada Versi “3.0” dengan nama lain Pocket PC, Microsoft mengganti tampilan interfacenya menjadi flat, mirip Palm sehingga lebih mudah dipakai. Versi Handheld memiliki keyboard dan pena untuk input, sedangkan Pocket PC menggunakan display yang lebih kecil dan pena. Handheld dilengkapi dengan Pocket Office komplit berisi Word, Excel, PowerPoint dan Outlook. PocketPC hanya dilengkapi dengan Word,Excel, dan Outlook. Selain Pocket Office, Microsoft juga memasukkan Internet Explorer untuk browsing Web, Windows Media Player untuk memutar file-file multimedia seperti MP3, MPEG. Pada PocketPC memiliki satu kelebihan lain,yaitu : Pengenalan tulisan tangan yang fleksibel.

Pengenalan tulisan tangannya lebih dekat pada tulisan tangan sebenarnya. Maksudnya, pengguna tidak perlu lagi mempelajari abjad baru seperti pada Palm. Jika pengguna tidak menyukai pengenalan tulisan tangan, maka pengguna dapat menggantinya dengan keyboard virtual. Secara teknis sistem operasi Windows CE ini lebih mendekati sistem operasi yang digunakan di PC, sebagai contoh: banyak aplikasi-aplikasi dari PC yang dikonversi menjadi versi Pocket PC, terutama aplikasi game, seperti: Doom, Hexen, Pacman, Need For Speed 4, Tomb Raider, Ultima IV, Age of Empires, Rayman dan sebagainya.

Untuk mendukung suksesnya Pocket PC, Microsoft bahkan memberikan Compiler VisualBasic dan C++ berbasiskan Pocket PC-nya secara gratis, yang dapat didownload di Internet. Selain PDA, sistem operasi ini juga ada dalam versi ponsel dengan kode stinger, ponsel dengan sistem operasi Windows CE sampai sekarang masih belum banyak beredar dipasaran. Sekarang Windows CE telah sampai pada versi 4 dengan kode “Talisker”.

Iklan

9 Tanggapan

  1. Software pemrograman yg suppot u windows ce u bikin system pemesanan barang apa ya?

    • belum tahu neh terutama kelanjutan Ce nya,… klo mo coba pake platform WP7 ato Android saja sekalian lebih baik tuh,..

  2. apakah windows ce bisa diinstal yahoo messenger?

    • hingga kini belum ada yahoo messenger yang support utk windows CE bro…

    • ganti OS saja bro

  3. Aq pny netbook elevo r7 dgn OS WINDOWS CE 6… Win ce sama sekali beda dgn xp mslh support. Aq gak bsa aplikasi windows xp di instal di win ce 6. Bahkan modem USB 3G aja tdk support… Klo skedar baca sd card atau usb flash bisa… Soal instal driver print dsb tdk bisa… TAPI saya denger2 bisa di Konvert,tp saya gak tau caranya konvert aplikasi .exe pd win komputer ke .exe pd win ce… Mgkn klo ada yg pny informasi lbh lanjut bsa di sharing…

    • gan, ane lg mengincar ePad dg os windows ce ni. tp ane pny modem prolink P2000 cdma. bs konek gak ya gan dg win ce 6??
      reply to email ok.

    • saya juga butuh info seperti anda !
      kalau anda dapat info itu tolong info in saya !
      terima kasih !
      ku tunggu kebaiknya !

  4. aplikasinya kompatibel gak dgn windows XP? apakah bisa diinstal driver print? atau lainnya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: