Jangan Hanya Salahkan Cracker


hacker_ii150_1Seorang teman Helmi namanya, memberitahukan bahwa situs depkominfo terdapat celah keamanan yang terbuka, tidak seberapa lama seorang teman lagi memberitahukan bahwa situs pemerintahan Malaysia dideface cracker Indonesia. Waw,… ulah cracker lagi 😀 …. Lagi-lagi cracker,….. pasti banyak yang bersumpah serapah…. tetapi ya,… jangan hanya menyalahkan cracker karena tindakan mereka. Sementara kita sendiri sebagai admin ataupun institusi yang berkepentingan tidak peduli tentang keamanan situs/website masing-masing. Betapa tidak, biasanya institusi hanya menganggarkan hanya sebatas dana proyek untuk pembuatan web server dan website-nya, sementara dana untuk maintenance/perawatan web tidak ada. Perkembangan teknologi begitu pesat, dan perkembangan dunia maya/cyber sama halnya. Kerugian pun bisa sangat besar bahkan bisa mencapai lebih dari 1 triliun seperti halnya yang dikutip oleh detikinet.com dari Techchuck.

kanwil-pajak depdiknasdlm1 depkominfo12

Beberapa situs pemerintah Indonesia yang rentan terhadap celah keamanan

Situs pemerintahan Indonesia pun sangat rentan untuk dibobol seperti situs Depkominfo, BP POM, Depdiknas, Kanwil Pajak Khusus Departemen Keuangan, dan mungkin masih banyak lagi. Pada beberapa pemberitaan detikinet.com “Situs Depkominfo Gampang Dibobol“, “Situs BP POM Kebobolan“, “Situs Pajak Disusupi ‘Orang Iseng’“, dan “ Situs Depdiknas Disinyalir Rentan Pembobolan “. Hingga kini situs Kanwil Pajak Khusus Departemen Keuangan masih under construction, sementara pada situs depkom info anda dapat melakukan cek pada url: http://www.ecom.depkominfo.go.id, {loh kok blog saya jadi masuk di situs depkominfo,.. 😀 },

depkom2

bahkan detik.com pun dapat ditampilkan,….. coba di cek di sini 😀 . celah keamanan tersebut terletak pada http://www.ecom.depkominfo.go.id/cari.php?cari=per%20usahaancari.php? hasil=perusahaan&nama=%3Ciframe%20%20src=%22 https://asyafaat.wordpress.com/%22%20width=800%20he%20ight= 800%3E%3C/iframe%3E coba saja anda ganti https://asyafaat.wordpress.com/ dengan website apa saja sesuai selera anda >:P .

Bagaimana dengan Amerika sang negara adidaya, adikuasa,… dll…. ternyata cracker Indonesia pun f043sw_mengklaim telah melakukan tindakan deface seperti pemberitaan detikinet.com “Cracker Indonesia Klaim Bobol Pentagon“, akan tetapi mereka mempersiapkan ratusan juta dolar untuk perkuat pertahanan cyber sepeti dikutip dari detik.com yang dikutip juga dari VnunetObama Siapkan Ratusan Juta Dolar Perkuat Pertahanan Cyber“. Lalu bagaimana dengan negara tetangga Malaysia? Ternyata tidak beda jauh situs merekapun rentan untuk dibobol seperti pemberitaan detikinet.com “ Dedemit Maya Indonesia Kembali Ganyang Situs Malaysia “, Anda dapat melihatnya di http://tuna.dof.gov.my/v2/ dan http://vodppl.upm.edu.my.

malay2

Ok itu dari institusi-institusi sekarang bagaimana dengan vendor keamananf-secure-150softpedia_ atau setidaknya yang menangani hal tersebut ya setidaknya tentang virus komputer? Ternyata tidak jauh beda mereka pun terkena imbasnya seperti pemberitaan detikinet.com dikutip dari Searchsecurity ” Usai Kaspersky, Giliran F-Secure Dipecundangi Cracker“, beberapa situs sudah mengalami perbaikan dan online kembali akan tetapi beberpa masih tetap pada tampilannya yang telah dideface . Jadi siapkan semua kemungkinan, karena Security/Keamanan bukanlah hanya masalah produk/barang jadi dari vendor, tetapi Security adalah sebuah proses. Perlu investasi yang memadai baik moril maupun materil.

Iklan

5 Tanggapan

  1. saya berterima kasih terhadap mereka2 ini..teruslah berjuang demi kehormatan negara kita

  2. wah canggih juga cracker indonesia….. sampe segitunya mencintai Indonesia…. berkorban demi nusa dan bangsa…. hehehe … hidup dedemit maya….

  3. pa kenapa kok jangan hanya salahkan Crecker..?
    apakah menurut bapak crecker itu seseorang yang manusiawi…?

  4. Pa..artikelnya sangat bagus2 bnget…?
    bisa ga pa..saya jadi anggota…..kayak di Blogspot..tea..pa..?

  5. wehew….

    makin canggih aja cracker ya ????
    tapi bagus siiihh,, tanpa cracker kan mereka ga kan tahu dimana lubang lubang kelemahan sestem yang mereka buat…… Kan lumayan juga ya klo Indonesia sering di crackj, nanti jadi lebih maju dari AMrik laahhh… ahahahaha

    bukannya terima kasih sama cracker…

    tapi kalo kena sakit hati juga ya ???

    ^-^

    by okky trideis….
    24mii.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: