Microsoft dan Yahoo Bersama Saingi Google


Yahoo-MicrosoftJakarta (ANTARA News) – Yahoo dan Microsoft mengumumkan sebuah kerja sama dalam bisnis Internet search engine yang akan membantu kedua perusahaan mengambil sebagian pasar Google dalam bisnis serupa.

Search engine Bing Microsoft akan dijalankan di website Yahoo dan Yahoo akan mengelola iklan untuk layanan online Microsoft, demikian informasi yang dilansir di sejumlah laman Internet, Rabu.

Yahoo telah berjuang untuk menghasilkan keuntungan dalam beberapa tahun terakhir, tetapi tahun lalu mereka menolak sejumlah tawaran dari Microsoft dan mencoba “berjalan” sendiri.

Bos Microsoft Steve Ballmer mengatakan, kesepakatan 10 tahun itu akan membuat search engine Bing dengan skala pentingnya dapat dicapai.

“Saya percaya Microsoft membangun pondasi ini untuk sebuah era baru pengembangan dan inovasi Internet,” kata chief executive Yahoo, Carol Bartz.

“Melalui kerja sama dengan Yahoo, kami akan membuat banyak inovasi dalam search (mesin pencari), nilai tambah terbaik bagi pengiklan, dan pilihan nyata bagi konsumen di pasar yang sekarang didominasi oleh satu perusahaan,” kata Ballmer.

Sebagai timbal balik penyerahan kontrol search engine itu, Yahoo akan mendapatkan 88 persen pendapatan dari seluruh penjualan iklan di situs itu untuk lima tahun pertama dalam kerja sama. Yahoo juga memiliki hak untuk menjual space iklan di sejumlah situs Microsoft.

Team Yahoo search, sementara waktu, dengan sendirinya tidak akan kehilangan pekerjaannya lebih dari dua tahun ke depan. Sejumlah staf akan berpindah ke Microsoft, lainnya akan tetap bersama Yahoo, tetepi redandensi tidak terelakkan, kata Carol Bartz.

Yahoo mengatakan, kesepakatan itu akan menguntungkan pengguna dan pemasang iklan Yahoo.

“Kesepakatan ini nilai tambah besar bagi Yahoo, user kami, dan industri,” kata Ms Bartz.

Kesepakatan dengan Microsoft kian memungkinkan setelah pendiri Yahoo, Jerry Yang, berhenti sebagai chief executive akhir tahun lalu.

Yahoo mengatakan kerja sama itu akan mendongkrak pendapatan tahunan sebesar 500 juta dolar dan 200 juta dolar dana aman dalam simpanan.

Usaha Microsoft dan Yahoo itu akan memberikan keduanya sebuah kombinasi pangsa pasar iklan search engine di AS sekitar 30 persen.

Google akan tetap sebagai yang dominan dengan menguasai 65 persen pasar.

Microsoft pernah mengajukan penawaran untuk membeli Yahoo pada Januari 2008 seharga 47,5 miliar dolar, namun bos Yahoo waktu itu Mr Yang menginginkan harga lebih tinggi.
(*)

Sumber:

Berita Terkait

Iklan

Satu Tanggapan

  1. […] Microsoft dan Yahoo Bersama Saingi Google […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: