Sun Solaris


Biasanya, istilah Sistem Operasi sering ditujukan kepada semua software yang masuk dalam satu paket dengan sistem komputer sebelum aplikasi-aplikasi software terinstall. Dalam Ilmu komputer, Sistem operasi atau dalam bahasa Inggris: operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan “kernel” suatu Sistem Operasi.

Dalam Ilmu komputer, Sistem operasi atau dalam bahasa Inggris: operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan “kernel” suatu Sistem Operasi.

SEJARAH SINGKAT TENTANG UNIX

Unix adalah nama sebuah system operasi yang asal mulanya dikembangkangkan pada laboratorium Bell, AT dan T. Untuk lebih mendalami apakah UNIX, perlu diketahui untuk system operasi terlebih dahulu.

1. Sun Solaris

Sun Solaris adalah sebuah sistem operasi keluarga Unix yang dikembangkan oleh Sun Microsystems Inc. OpenSolaris adalah Sun Solaris yang di open-source kan di bawah lisensi CDDL (Common Development and Distribution License). Sun Solaris bisa berjalan di atas prosesor x86,x64 dan SPARC. Solaris OS adalah operating system yang sangat terkenal didunia karena kestabilannya.

Solaris OS sangat dipercaya sebagai OS server terutama pada mesin-mesin critical yang menuntut high availability, stability, reliable, serta scalable. satu hal lagi yang menggembirakan, semenjak peluncuran solaris10, february 2005, sun microsystem telah melepas source code-nya dengan lisensi CCDL. Artinya, anda bebas menggunakan solaris dimanapun anda mau. dahulu sebelum dilepas (solaris8/9), anda harus membayar lisensi jika solaris digunakan untuk komersial. banyak inovasi brilian dari sun pada sistem operasi ini. tulisan ini menggunakan contoh instalasi solaris 10 update 3. info detil tentang solaris akan dibahas khusus pada tulisan lain.

1.1 Perkembagan Sun Solaris

  • Sun Luncurkan Solaris 10 yang Gratis

SUN Microsystems belum lama ini meluncurkan sistem operasi yang paling dinanti, yaitu Solaris 10. Ini merupakan solusi sistem operasi bagi perusahaan yang selama ini membuang-buang banyak waktu dan tenaga karena menggunakan teknologi lain yang gagal memberikan layanan terbaik, keamanan, pemanfaatan yang maksimum serta kinerja yang sempurna.

Solaris 10 merupakan hasil kerja keras selama bertahun-tahun dari 3.000 insinyur dan pakar serta investasi penelitian dan pengembangan senilai lebih dari 500 juta dollar AS. Solaris 10 memiliki lebih dari 600 fitur baru yang inovatif sehingga menjadi sistem operasi UNIX® paling canggih saat ini.

Sun menyediakan Solaris 10 pada SPARC®, x86, AMD64, dan EM64T serta dapat di-download secara gratis mulai tanggal 31 Januari 2005 mendatang. Tidak seperti download gratis lainnya, yang hanya menawarkan versi early access atau evaluation free, Sun juga menawarkan Solaris 10 secara gratis hingga ke tahap pemanfaatan.Solaris 10 merupakan sistem operasi dan didukung oleh lebih dari 270 platform peranti keras dari vendor yang berbeda-beda, seperti Dell, Fujitsu, Fujitsu Siemens Computers, IBM, dan HP. Sun juga meluncurkan game- changing business model untuk mendukung Solaris 10.

Bhra Eka Gunapriya, President Director PT Sun Microsystems Indonesia, bicara mengenai efisiensi sumber daya komputasi. Menurut dia, perusahaan di seluruh dunia sedang mengalami suatu masa di mana mereka tidak secara efisien mendayagunakan sumber-sumber daya komputasi yang ada dan menjadi beban yang berat bagi perusahaan.

Solaris 10 menyingkirkan beban tersebut dengan menyediakan sistem komputasi serta utilisasi yang mereka butuhkan. Untuk pertama kalinya, sistem keamanan tingkat tinggi yang sebelumnya hanya diterapkan oleh militer sekarang ini tersedia pada sebuah sistem operasi komersial.

  • Tercepat

Dirancang untuk mengelola data center yang modern, Solaris 10 merupakan sistem operasi tercepat yang pernah diluncurkan Sun. Bahkan, 40 persen lebih cepat dari Solaris 9 untuk kategori kinerja web server, baik pada SPARC maupun x86.

1.2 Fitur Sun Solaris

Fitur-fitur penting Solaris 10 meliputi Dtrace-Fitur, diagnostik terkini pada Solaris 10 memungkinkan pengembang dapat dengan cepat menangani masalah kinerja dan ancaman virus yang sulit terdeteksi. Pengembang kemudian mampu mendeteksi masalah yang terjadi dalam hitungan menit bahkan detik, tidak lagi dalam hitungan jam atau hari.

Fitur Solaris Containers membuat Solaris 10 menjadi sistem operasi satu-satunya yang menyediakan partisi-partisi bagi beragam peranti lunak dengan lebih dari 8.000 container. Sumber dapat secara otomatis dialihkan hingga mencapai 80 persen dari sistem utilisasi.Selain itu, fitur Process Rights Management membuat Solaris 10 memiliki teknologi sistem operasi Trusted Solaris™ yang banyak digunakan oleh badan-badan pemerintahan Amerika Serikat untuk keamanan sistem komunikasi. Process Rights Management menjamin bahwa kelemahan dalam aplikasi tidak akan merusak sistem lainnya.

Dalam masalah Predictive Self Healing, Solaris 10 mampu secara otomatis mendiagnosa, mengisolasi, serta memperbaiki kerusakan pada peranti lunak dan aplikasi. Lainnya adalah Linux Application Environment yang dahulu dikenal dengan nama Project Janus. Di sini, Solaris 10 akan menjadi satu-satunya sistem operasi yang secara bersama-sama dapat mengoperasikan Solaris dan Linux tanpa melakukan modifikasi apa pun.

Dengan demikian, Solaris 10 menyediakan perlindungan investasi dan akses yang lebih luas bagi aplikasi yang berjalan pada kedua sistem operasi tersebut.Fitur ZFS membuat Solaris 10 memiliki kapasitas 16 miliar kali lebih besar dibandingkan dengan sistem 64-bit saat ini. ZFS akan menjadi sistem pengelolaan file satu-satunya yang memiliki kapasitas storage virtual tanpa batas yang menjadikan Solaris 10 sistem operasi terbaik untuk penyimpanan data.ZFS mampu menekan biaya administrasi hingga 80 persen. Ia juga menyediakan integritas data dengan 99,99999999999999999 persen kemungkinan terjadinya kesalahan deteksi.

Fitur lain, Cryptographic Framework, mengacu kepada standar PKCS#11 yang berlaku di industri. Cryptographic Framework meningkatkan kinerja dan memusatkan pengelolaan pengoperasian cryptographic. Pengembang aplikasi dapat mempergunakan API biasa yang dapat membantu organisasi TI melindungi investasi mereka dan sekaligus membantu mitra Sun untuk mempergunakan aplikasi tanpa mengkhawatirkan implementasi standar cryptographic.

Kemampuan lain, Sun Update Connection, merupakan suatu layanan yang menawarkan kemampuan untuk menganalisa sistem dan menjadikannya up to date setiap saat. Sun Update Connection menyediakan layanan notifikasi yang memungkinkan pengguna mengoperasikan sistem peng-update tunggal dan menerapkannya secara remote melalui portal Sun.

Pada platform x86, Solaris 10 dimanfaatkan secara maksimal untuk mengoperasikan prosesor AMD Opteron 64-bit dengan kinerja lebih tinggi dibandingkan dengan arsitektur sebelumnya. Sekaligus menyediakan kompatibilitas biner bagi lingkungan 32-bit hingga 64-bit. Sun juga menyediakan Solaris Application Guarantee untuk menjamin bahwa aplikasi yang dibuat dengan menggunakan Solaris versi terdahulu akan kompatibel dengan Solaris 10.

  • Tinggalkan sistem “fee”

Sun mendukung inovasi produknya dengan model bisnis baru yang mampu mengubah lisensi operating system (OS) secara radikal. Mulai tanggal 31 Januari 2005, Solaris 10 akan tersedia di pasaran secara gratis, baik bagi pelanggan Sun maupun calon pelanggan.

Meninggalkan sistem fee, Sun memperkenalkan sistem harga berdasarkan sistem layanan. Sepadan dengan sistem berlangganan telepon, rencana sistem langganan Solaris akan bervariasi menurut level support dan kapasitas jaringan komputasi. Sistem subscription-based pricing Solaris Sun ini diharapkan diadopsi oleh lebih banyak pelanggan dan pengembang.

1.3 Pemrograman yang mendukung

Sun akan memberi dukungan menyeluruh bagi perkembangan platform Java untuk Sistem Operasi Solaris 10. Dukungan ini akan membuat para pengembang segera meluncurkan proyek pengembangan perusahaan dengan memanfaatkan Java untuk menghantarkan apa yang dapat Solaris 10 berikan. “Seluruh ekosistem kami tumbuh dan menyesuaikan diri dengan Solaris 10,” kata Bhra.Sun mengumumkan penambahan 140 aplikasi peranti lunak baru untuk Solaris 10, selain 12.000 aplikasi lain yang sebelumnya memang telah tersedia bagi pengguna Solaris. Selama lebih dari enam minggu terakhir, Sun telah berkolaborasi dengan mitra baru setiap 10 menit.

Para pemimpin industri mengekspresikan dukungan mereka terhadap Solaris 10 maupun strategi dan produk Sun lainnya. Antara lain Bronwyn Hastings, Vice President, Global Alliances and Channels, Oracle. “Pengembangan inovasi Solaris 10 lebih jauh telah memperluas kesempatan untuk mengintegrasikan teknologi grid dari Oracle dengan platform Solaris yang canggih. Gabungan antara Oracle Database 10g dan Solaris 10 telah memberikan layanan kelas dunia dengan kinerja tinggi kepada para pelanggan kami,” katanya.Hector Ruiz, Chairman, President dan Chief Executive Officer AMD, juga punya pendapat. Peluncuran Solaris 10 ini tidak hanya merupakan sebuah prestasi bagi Sun, tetapi juga merupakan hasil dari kerja bersama untuk mengembangkan ekosistem AMD64, sekaligus memenuhi kebutuhan perusahaan. Dengan perhatian industri yang saat ini mulai berkonsentrasi pada sistem komputasi 64-bit, Solaris 10 menyediakan optimalisasi, fleksibilitas. “Banyak pilihan yang dibutuhkan perusahaan untuk mempertahankan daya saing mereka,” ujar Ruiz.

“Sun telah menunjukkan komitmen perusahaan untuk mendukung rekanan perusahaan dan kami sangat senang melihat perkembangan terakhir hasil riset dan pengembangan dari Sun,” kata Beno Kunto Pradekso, Direktur PT Dua Empat Tujuh (SOLUSI247). “Kami berharap bahwa Solaris 10 akan membantu komunitas pengembang untuk meningkatkan penjualan, memperluas ekspansi usaha, serta menawarkan solusi yang terbaik bagi para pelanggan,” tambahnyaSetelah diluncurkan pada tahun 1991, Solaris telah menjadi pemimpin dalam sistem operasi berbasis UNIX. Hampir semua perusahaan yang termasuk dalam daftar Fortune 1.000 menggunakan Solaris.Pertumbuhan yang pesat dari 1.000 independent software vendor dan lebih dari 12.000 aplikasi membuat Solaris 10 dapat diterapkan dari data center ke desktop.

1.4 Karakteristik dan perbedaan antarversi

SunOS versi Solaris version Solaris versi Release date Keluaran tanggal Supported platforms Didukung platform
4.0.2 none tak satupun Sep. 89 Sep. 89 386i
4.0.3 none tak satupun May 89 89 Mei sun2, sun3/3x, sun4 sun2, sun3/3x, sun4
4.0.3c none tak satupun June 89 89 Juni Sparc 1 Sparc 1
4.0.3 PSR_A 4.0.3 PSR_A none tak satupun July 89 89 Juli Sun 4/470, 4/490 Minggu 4 / 470, 4 / 490
4.1 4,1 none tak satupun Mar. 90 Mar. 90 sun3, sun4 sun3, sun4
4.1e none tak satupun Apr. 91 Apr. 91 sun4e
4.1.1 none tak satupun Mar. 90 Mar. 90 sun3/3x, sun4 sun3/3x, sun4
4.1.1B 1.0 1,0 Feb. 91 Feb. 91 sun4
4.1.1.1 1.0 1,0 Jul. 91 Jul. 91 sun3/3x
4.1.1_U1 1.0 1,0 Nov. 91 Nov. 91 sun3/3x
4.1.2 1.0.1 Dec. 91 91 Desember sun4, sun4m sun4, sun4m
4.1.3 1.1A Aug. 92 92 Agustus sun4, sun4c, sun4m sun4, sun4c, sun4m
4.1.3C 1.1c Nov. 93 Nov. 93 Sparc LX/Classic Sparc LX / klasik
4.1.3_U1 1.1.1 Dec. 93 93 Desember sun4, sun4c, sun4m sun4, sun4c, sun4m
4.1.3_U1B 1.1.1B Feb. 94 Feb. 94 sun4, sun4c, sun4m sun4, sun4c, sun4m
4.1.4 1.1.2 Nov. 94 Nov. 94 sun4, sun4c, sun4m sun4, sun4c, sun4m
5.0 5,0 2.0 2,0 Jul. 92 Jul. 92 sun4c
5.1 5,1 2.1 2,1 Dec. 92 92 Desember sun4, sun4c, sun4m, x86 sun4, sun4c, sun4m, x86
5.2 5,2 2.2 2,2 May 93 93 Mei sun4, sun4c, sun4m, sun4d sun4, sun4c, sun4m, sun4d
5.3 5,3 2.3 2,3 Nov. 93 Nov. 93 sun4, sun4c, sun4m, sun4d sun4, sun4c, sun4m, sun4d
5.4 5,4 2.4 2,4 Aug. 94 94 Agustus sun4, sun4c, sun4m, sun4d, x86 sun4, sun4c, sun4m, sun4d, x86
5.5 5,5 2.5 2,5 Nov. 95 Nov. 95 sun4c, sun4m, sun4d, sun4u, x86 sun4c, sun4m, sun4d, sun4u, x86
5.5.1 5.5.1 2.5.1 2.5.1 May 96 96 Mei sun4c, sun4m, sun4d, sun4u, x86, ppc sun4c, sun4m, sun4d, sun4u, x86, ppc
5.6 5,6 2.6 2,6 Aug. 97 97 Agustus sun4c, sun4m, sun4d, sun4u, x86 sun4c, sun4m, sun4d, sun4u, x86
5.7 5,7 7 7 Oct. 98 98 Oktober sun4c, sun4m, sun4d, sun4u, x86 sun4c, sun4m, sun4d, sun4u, x86
5.8 5,8 8 8 Jan 2000 Jan 2000 sun4m, sun4d, sun4u, x86 sun4m, sun4d, sun4u, x86 5.9 5,9 9 May 2002 (SPARC) Mei 2002 (SPARC)
Jan 2003 (x86) Jan 2003 (x86) sun4m, sun4u, x86 sun4m, sun4u, x86 5.10 5,10 10 +10 Jan 2005 Jan 2005 sun4u, sun4v, x86 sun4u, sun4v, x86

2. Sun Solaris (UNIX) Workstation

Yang CASLAB Sun workstation adalah campuran dari Sun Ultra-5 workstation dan Sun Ultra-10 workstation.  Dua puluh empat Ultra-5s terletak di Hall Goodwin laboratorium (dua belas dalam kamar 233 dan dua belas dalam kamar 235), dan dua puluh empat Ultra-10s berada di ruang Hall Walter Light 214 (di Bain Lab).  Walaupun semua memiliki warna monitor, Ultra-10s memiliki Pencipta warna 24-bit grafis adaptor, memungkinkan beberapa 16.777.216 warna, sementara Ultra-5s memiliki 8-bit, atau 256-warna grafis adaptor.

Ada tiga baris printer terhubung ke sistem, dua di Goodwin Hall (g0 dan g1) dan satu lagi di Light Walter Hall (w0).  Anda dapat mencetak ke printer tersebut dengan menggunakan perintah lpr (lihat Subbab 3.4.5).)

Laser printer di ruang Hall Goodwin 233 (gw-lj1) dan Walter Ringan ruang Hall 214 (wl-lj1) saat ini tidak dibuat untuk digunakan dari Unix.  Fungsi ini akan dilaksanakan di lain waktu.

PostScript printer laser yang terletak di Hall Dupuis Namun, dapat diakses dari sistem CASLab.  Untuk menggunakannya, mencetak ke qucdnps1.  (Lihat keterangan mengenai perintah lpr (lihat Subbab 3.4.5).) Ada tarifnya per halaman untuk dicetak laser keluaran, dibayarkan ketika Anda mengambil output dalam Dupuis Hall.

Akses ke server UNIX CASLab (disebut Zeus) adalah mungkin melalui salah satu workstation, dari mesin lain pada jaringan Ratu, atau melalui Ratu dial-in baris.  Juga penting untuk dicatat bahwa mesin Windows NT CASLab mampu meniru UNIX workstation melalui penggunaan sebuah program yang disebut XWin-32.  Hal ini memungkinkan siswa untuk login ke server UNIX bahkan jika mereka tidak bisa ke workstation UNIX.

3. Solaris (sistem operasi)

Solaris adalah UNIX berbasis sistem operasi yang diperkenalkan oleh Sun Microsystems pada tahun 1992 sebagai pengganti SunOS.

Solaris dikenal dengan skalabilitas, terutama pada SPARC sistem, dan untuk yang berasal banyak fitur-fitur inovatif seperti DTrace dan ZFS.

Solaris mendukung berbasis SPARC dan x86 berbasis workstation dan server dari Sun dan vendor lainnya, dengan upaya dilakukan untuk port ke platform tambahan.  Solaris disertifikasi melawan Single Spesifikasi Unix. Walaupun secara historis dikembangkan sebagai perangkat lunak berpemilik, didukung pada sistem yang dibuat oleh semua vendor server utama, dan mayoritas dari basis kode sekarang perangkat lunak open source melalui OpenSolaris proyek.

3.1 Sejarah

Pada tahun 1987, AT & T dan Sun mengumumkan bahwa mereka berkolaborasi dalam sebuah proyek untuk menggabungkan varian Unix yang paling populer di pasaran pada waktu itu: BSD, System V, dan Xenix. Ini akan menjadi Unix System V Release 4 (SVR4).

4 September 1991, Sun mengumumkan bahwa mereka akan menggantikan yang sudah ada yang diturunkan dari BSD Unix, SunOS 4, dengan satu didasarkan pada SVR4. Ini adalah internal diidentifikasi sebagai SunOS 5, tetapi nama pemasaran yang baru diperkenalkan pada waktu yang sama: Solaris 2. Sementara SunOS 4.1. X mikro rilis adalah data sebelumnya bernama Solaris 1 oleh Sun, nama Solaris hampir secara eksklusif digunakan untuk merujuk ke SVR4 diturunkan dari SunOS 5.0 dan kemudian.

Pembenaran baru ini “overbrand” adalah bahwa hal itu tidak hanya mencakup SunOS, tetapi juga OpenWindows antarmuka pengguna grafis dan Open Network Computing (ONC) fungsionalitas.  SunOS versi kecil yang termasuk dalam nomor rilis Solaris, misalnya dimasukkan Solaris 2.4 SunOS 5.4.  Setelah Solaris 2.6, Sun menjatuhkan “2.”  dari jumlah, jadi Solaris 7 memasukkan SunOS 5.7, dan rilis terbaru SunOS 5,10 membentuk inti dari Solaris 10.

3.2 Didukung arsitektur

Common solaris menggunakan kode dasar untuk platform mendukung: SPARC dan i86pc (yang meliputi baik x86 dan x86-64). [Solaris memiliki reputasi untuk menjadi sangat sesuai untuk multiprocessing simetris, yang mendukung sejumlah besar CPU. Ini secara historis terintegrasi dengan Sun’s SPARC hardware (termasuk dukungan untuk 64-bit SPARC aplikasi sejak Solaris 7), yang mana dipasarkan sebagai gabungan paket.  Hal ini sering menyebabkan sistem yang lebih dapat diandalkan, tetapi dengan biaya premi atas komoditas hardware PC.

Namun, juga telah mendukung sistem x86 sejak Solaris 2.1 dan versi terbaru, Solaris 10, termasuk dukungan untuk 64-bit x86 aplikasi, memungkinkan Sun untuk memanfaatkan ketersediaan komoditas CPU 64-bit berdasarkan x86-64 arsitektur.  Sun telah banyak dipasarkan Solaris untuk digunakan dengan kedua-nya sendiri “x64” workstation dan server berbasis AMD Opteron dan Intel Xeon prosesor, serta sistem x86 yang diproduksi oleh perusahaan seperti Dell, Hewlett-Packard, dan IBM. Seperti tahun 2009, berikut dukungan vendor Solaris untuk x86 sistem server :

* Dell – akan “pengujian, sertifikasi, dan mengoptimalkan Solaris dan OpenSolaris pada rak dan blade server dan menawarkan mereka sebagai salah satu dari beberapa pilihan dalam keseluruhan perangkat lunak Dell menu“.

* IBM – juga mendistribusikan Solaris dan Solaris Subscriptions untuk memilih berbasis x86 IBM System x server dan server BladeCenter

* Intel

* Hewlett-Packard – mendistribusikan dan menyediakan dukungan teknis perangkat lunak untuk Solaris pada ProLiant blade server dan sistem

* Fujitsu Siemens

referensi : http://id.wikipedia.org/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: