Website Angkatan Laut Inggris Di Hack


“Waspada, mungkin kata ini yang tepat untuk pemangku kebijakan maupun admin  pengelola web,… tak hanya web,.. akses ke perangkat keras pun demikian,… korbanya bukan hanya pihak sipil, tetapi militer pun merasakannya. Berikut ini berita yang diambil dari Detikinet.com, dan Kompas.com dengan beberapa acuan sebagai sumber berita seperti http://uk.reuters.com, http://www.telegraph.co.uk, dan http://www.theregister.co.uk. hingga berita ini publikasikan masih tidak dapat di akses http://www.royalnavy.mod.uk”

Situs Angkatan Laut Inggris Diserang Hacker

Wicak Hidayat – detikinet | Selasa, 09/11/2010 06:40 WIB

Jakarta – Situs Royal Navy, angkatan laut Inggris, terpaksa dinonaktifkan selama beberapa waktu. Gara-garanya, terjadi serangan dari pihak tak bertanggungjawab.

Seperti dikutip detikINET dari Reuters, Selasa (9/11/2010), situs Royal Navy, yang beralamat di RoyalNavy.mod.uk, telah ditutup dan tidak bisa diakses. Penutupan ini, menurut pesan yang tampil di halaman situs, adalah demi melakukan perawatan.

“Kami bisa pastikan, memang benar ada serangan pada situs Royal Navy pada akhir pekan lalu,” sebut pernyataan resmi angkatan laut Inggris.

Serangan itu disebutkan tak menyebabkan kerusakan. “Tapi sebagai kehati-hatian, situs Royal Navy untuk sementara akan dimatikan. Tim security sedang menyelidiki (insiden ini),” tandas pernyataan itu.

Angkatan Laut Inggris pernah disebut-sebut sebagai armada yang paling ditakuti di dunia. Angkatan ini merupakan yang paling tua di Inggris dibandingkan angkatan bersenjata lainnya.

Serangan pada situs Royal Navy terjadi hanya beberapa minggu setelah Inggris menguatkan program keamanan cyber nasionalnya. Program itu memiliki anggaran hingga 650 juta pound (sekitar Rp 9,3 triliun). ( wsh / wsh )


Situs Angkatan Laut Inggris Dibobol “Hacker”

LONDON, KOMPAS.com | Selasa, 9 November 2010 | 03:24 WIB

Halaman situs Angkatan Laut Inggris mati, Senin (8/11/2010). Usut punya usut, situs tersebut dijebol hacker sehingga harus dibenahi secara offline agar serangan tak meluas.

Dalam blognya, seorang hacker (peretas) asal Rumania yang mengaku bernama TinKode mengklaim berhasil menjebol sistem keamanan situs http://www.royalnavy.mod.uk tersebut sejak Jumat lalu. Sampai berita ini ditulis, bahkan situs tersebut masih belum aktif kembali dan di halaman depan terdapat pesan bahwa situs tengah diperbarui dan silakan kembali lagi nanti.

Serangan ini menjadi sorotan mengingat Pemerintah Inggris sedang merancang program penanggulangan serangan di dunia maya sebagai salah satu prioritas pertahanan negara. Anggaran 500 juta dollar AS telah disiapkan untuk memperkuat sistem teknologi informasi negara tersebut.

Bulan lalu, seperti dilansir Telegraph, lembaga analisis pertahanan Strategic Defence Review menyatakan bahwa serangan cyber merupakan salah satu ancaman serius di samping terorisme dan bencana alam. Bahkan, serangan di dunia maya bisa dimanfaatkan sebagai bentuk terorisme gaya baru. Penulis: WAH   |

Sumber:

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: