Indigo 2011


Hari ini Lunching indigo 2011 di Menara Multimedia Telkom-Jakarta.

Telkom Group mempersembahkan program Indigo Fellowship, yang merupakan apresiasi kepada individu atau kelompok yang dianggap berhasil dalam membuat karya kreatif digital dan memberikan manfaat kepada masyarakat luas, serta mendorong tumbuhnya digitalpreneur baru dalam industri tersebut.

Program Indigo Fellowship ini merupakan salah satu dari seluruh rangkaian program CSR Telkom bidang ICT yang dilaksanakan melalui kerjasama operasional dengan MIKTI. Tujuan kegiatan ini antara lain adalah:

  • Menumbuhkembangkan industri kreatif digital di Indonesia
  • Menyusun profil industri kreatif digital
  • M emposisikan Telkom Group sebagai fasilitator utama bagi industri kreatif digital di Indonesia
  • Menjaring ide-ide baru dari konsumen Telkom Group
  • Menjalin komunitas dan karya kreatif ke dalam mata rantai proses bisnis industri kreatif yang sehat dan menyehatkan dan sustainable.

Salah satu keunggulan kompetitif program Indigo Fellowship Telkom Group adalah adanya ekosistem yang komprehensif dan sustainable dalam memfasilitasi industri kreatif yaitu melalui tahapan yang disebut dengan AKSI:

  • AWARENESS: Membangun awareness masyarakat terhadap industri kreatif digital nasional
  • KOMPETISI: Menguji keunggulan setiap calon digitalpreneur untuk memperoleh yang terbaik
  • S TARTUP: Mendorong calon digitalpreneur membentuk sebuah bisnis kreatif digital mula
  • INDUSTRI: Mendampingi digitalpreneur membawa bisnis mulanya menjadi industri kreatif digital

Tahapan Indigo Fellowship

Untuk efektifitas komunikasi kepada publik dan dengan mempertimbangkan kompleksitas, maka program Indigo Fellowship dilaksanakan bertahap sebagai berikut :

  • Idea Fellowship, memberikan penghargaan kepada individu yang mengembangkan ide kreatif dalam bisnis digital content
  • Creative Fellowship, program fellowship kepada tokoh individu / kelompok masyarakat yang berhasil menginisiasi bisnis kreatif dari idea sampai menjadi produk siap pakai.
  • Business Fellowship, adalah penghargaan kepada entitas bisnis (small/medium enterprises) yang berhasil mematangkan dan mengembangkan konsep creative digital menjadi bisnis yg berkembang.

Seluruh rangkaian program fellowship tersebut akan rampung pada Oktober 2010, bertepatan dengan hari ulang tahun Telkom yang dikemas dalam acara Indigo Awards.

Kriteria Penjurian

Bahwa seluruh rangkaian program Indigo Telkom-Group dikemas dalam program CSR (Corporate Social Responsibility) sehingga dalam penilaian karya kreatif harus dapat menonjolkan 3 perhatian utama dalam CSR yaitu:

  • PRODUCT – Bahwa karya harus bersifat kreatif, mengembangkan metode baru untuk menghasilkan inovasi, menemukan produk baru yang belum pernah dikembangkan orang lain, serta tidak melanggar hak cipta.
  • PROFIT — Bahwa karya kreatif yang dipilih harus memiliki kelayakan bisnis untuk diimplementasikan, berpotensi menghasilkan revenue, menekan biaya produk, serta menghasilkan keuntungan secara ekonomi.
  • PERSONALITY — Bahwa peserta memiliki kompetensi dibidang digitalpreneur, mampu mengelola sumber daya untuk membangun industri, dan mampu mengembangkan networking / kolaborasi yang kuat untuk mendorong suksesnya karya digital.
  • POSITIVE IMPACT — Bahwa karya kreatif harus berdampak maksimal kepada masyarakat, sosial, seperti pengentasan kemiskinan, menekan pengangguran, memperbaiki issue deskriminasi gender, tidak mengandung SARA, dan pornografi, dll.

sumber:

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: