Jerman Resmikan Pusat Keamanan Cyber


Tri Wahono | Jumat, 17 Juni 2011 | 14:29 WIB

BERLIN, KOMPAS.com – Maraknya serangan hacker ke sejumlah perusahaan dan lembaga terkemuka di berbagai negara disikapi serius. Jerman misalnya mencanangkan pusat keamanan cyber untuk menanggulangi potensi ancaman keamanan terhadap insfrastruktur jaringan penting di negara tersebut, Kamis (16/6/2011).

“Melindungi infrastruktur penting merupakan core keamanan cyber. Kami menyadari sepenuhnya bahwa ancaman terhadap serangan ke sistem ini terus naik,” kata Hans-Peter Friedrich saat meresmikannya Nationales Cyber-Abwehrzentrum di Bonn.

Pusat penanggulangan ancaman cyber tersebut dioperasikan 10 ahli keamanan lintas lembaga yang bekerja 24 jam. Mereka berkoordinasi dengan kepolisian, militer, badan intelijen, dan lembaga terkait.

Jerman yang merupakan negara dengan tingkat pereknomian terbesar di Eropa bukanlah satu-satunya negara yang khawatir dengan ancaman dunia maya. Negara superpower AS, pada 2009, juga mendirikan Cyber Command. NATO juga sudah menempatkan keamanan cyber menjadi salah satu prioritas pertahanan.

Serangan hacker ke berbagai situs web mewabah dalam beberapa bulan terakhir. Tak kurang dari lembaga ternama yang menjadi korban antara lain IMF, Senat AS, Sony, Nintendo, bahkan badan intelijen AS CIA.

Sumber:

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: