Serang Cloud Computing, Penjahat Cyber Incar Uang Banyak


Wicak Hidayat – detikinet | Jumat, 17/06/2011 15:41 WIB
Laporan dari Spanyol :

Malaga – Eugene Kaspersky, pendiri dan CEO Kaspersky Lab, mengatakan ada dua tipe penjahat cyber. Tipe pertama, yang lebih ‘tradisional’, adalah yang menyerang perangkat individu, baik komputer maupun mobile.

Sedangkan tipe kedua adalah mereka yang menargetkan perusahaan besar. Salah satu yang jadi incaran penjahat cyber tipe kedua ini adalah pengguna cloud computing.

“Saya kira pasti ada uang besar di sana. Namun kami tidak tahu pasti, karena (para penjahat itu) tentunya tidak melapor pada kami,” ujar Eugene saat berbincang dengan detikINET di sela-sela Security Analyst Summit 2011 yang diadakan pada 16-19 Juni 2011 di Kempinski Bahia, Malaga, Spanyol.

Dugaan itu bisa dinalar dengan sederhana. Misalnya, tutur Eugene, penjahat cyber tipe tradisional yang menyerang ponsel bisa memaksa ponsel itu untuk mengirimkan SMS premium.

Meski nilai per SMS tidak terlalu mahal, namun jika dikalikan dengan jumlah korban yang massal, uang yang diraup para penjahat bisa menjadi sangat banyak.

Sedangkan penjahat tipe kedua akan menyerang satu pihak saja, yaitu enterprise alias perusahaan besar. Namun dari satu serangan itu, dana yang diraup bisa jauh lebih besar.

Selain itu, ada juga kemungkinan para penjahat cyber ini mencuri informasi penting dari perusahaan besar dan menjualnya di pasar gelap. “Bagian dari ini bisa jadi adalah spionase industri dan sejenisnya,” tutur Eugene

( wsh / eno )

Sumber:


Iklan

Satu Tanggapan

  1. ternyata memang tidak aman cloud cmputing itu..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: