Ponsel Kini Jadi Incaran Peretas


Selasa, 21 Juni 2011 | 17:18 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta – Menjamurnya penggunaan ponsel pintar berbasis sistem operasi Android ternyata diikuti oleh meningkatnya serangan dari para penjahat dunia maya.

Para ahli di Kaspersky Lab, perusahaan antivirus terbesar di Eropa, telah menganalisis sejumlah ancaman besar teknologi informasi pada kuartal pertama tahun ini. Mereka berhasil mengidentifikasi sejumlah tren penting.

Berdasarkan jumlah signature dari mobile malware baru yang terdeteksi selama kuartal pertama 2011, total mobile malware tahun ini melonjak dua kali lipat dibandingkan pada periode sama tahun lalu.

Pertumbuhan tersebut didorong oleh munculnya metode baru dalam nenginfeksi komputer. Saat ini lebih dari 50 aplikasi OS Android berbahaya terdeteksi. Distribusinya melalui Android Market.

Program berbahaya tersebut merupakan versi kemas ulang dari software legal dengan komponen Trojan berbahaya ditambahkan ke dalamnya. Di masa mendatang, praktek tersebut akan semakin meningkat.

Tren lainnya adalah meningkatnya jumlah serangan terhadap organisasi yang berbeda. Selain serangan DdoS konvensional yang memblokir akses ke server perusahaan, juga serangan untuk mendapatkan informasi secara tidak sah.

Tanda-tanda tersebut mengidikasikan bahwa para penjahat dunia maya telah beralih dari penyerangan massal komputer rumah ke pembajakan perusahaan besar.

Tren terakhir, menurut para ahli di Kaspersky Lab, yang berdampak bagi keamanan TI adalah semakin populernya jejaring sosial, blogs, torrents, YouTube, dan Twitter. Semua itu mampu mengubah lanskap digital.

Data yang muncul dalam blog pengguna sering kali dipandang sebagai sumber yang terpercaya seperti pada data media resmi. Oleh karena itu, di masa mendatang serangan terhadap layanan tersebut semakin banyak.

ATM

Sumber:

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: