Kembali ke Cina, Google Luncurkan Portal Belanja


Selasa, 13 September 2011 | 17:48 WIB

TEMPO Interaktif, Google tampaknya tak bisa mengabaikan begitu saja potensi pasar Cina. Jumlah penduduk yang besar dan potensi ekonomi yang terus tumbuh terlalu menggiurkan bila tidak digarap. Hal itu ditunjukkan Google dengan meluncurkan portal penawaran produk belanja di Cina.

Ini merupakan langkah Google setelah lebih dari setahun yang lalu menarik operasinya dari Negeri Tirai Bambu tersebut.

Situs aggregator ini dinamai Google Shihui. Situs yang diluncurkan Selasa lalu ini masih dalam bentuk beta dengan domian Google.cn. Tahun lalu, Google menutup mesin pencari pada Google.cn dan menempatkan mesin pencarinya di Google.com.hk yang merupakan domain Hong Kong.

Menurut juru bicara Google, Robin Moroney, Shihui adalah sebuah eksperimentasi fitur pencarian penawaran produk-produk. Pertumbuhan situs jual-beli di Cina melonjak dalam jumlah yang besar. Seorang analis menyebut tahun lalu ada 4.000 situs jual-beli.

“Shihui dalam tahap awal pengembangan dengan bekerja sama dengan mitra-mitra kami, kami masih mengembangkan fitur apa yang terbaik dan bermanfaat bagi para pengguna,” kata Moroney.

Keberadaan Google Shihui diperkirakan tidak akan menarik perhatian badan sensor Internet di Cina. “Karena ini lebih kepada e-commerce,” kata Direktur Pelaksana Marbridge Consulting Mark Natking.

Google Shihui, kata Natkin, bermain di wilayah yang netral sehingga cukup aman dan tidak berisiko. “Google masih tertarik untuk masuk ke pasar Cina,” katanya.

Google keluar dari Cina setelah pemerintah Cina meminta untuk menyensor mesin pencariannya di Cina. Kini, mesin pencarian dikuasai Baidu yang menguasai 80 persen pasar. (PC WORLD | IQBAL MUHTAROM)

Sumber:

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: