Virus di Ponsel pun Ujung-ujungnya Duit


Ardhi Suryadhi – detikinet | Kamis, 22/09/2011 08:48 WIB

Jakarta – Geliat program jahat di perangkat genggam dinilai sama saja dengan yang beraksi di komputer. Mereka tak cuma bersifat merusak, namun juga berupaya mengeruk kantong si pemilik gadget.

Demikian diutarakan Effendy Ibrahim, Internet Safety Advocate & Director, Asia, Consumer Business, Symantec, dalam ajang diskusi ‘How Secure Is Your Android Phone’ yang digelar di Gedung Aldevco Octagon, Rabu, (21/9/2011) malam.

“Selain yang sifatnya merusak sistem di ponsel pengguna, mereka (pelaku-red.) juga melakukan hal sama dengan di PC, coba mengambil keuntungan secara finansial ,” tukasnya.

Hal ini memungkinkan saja terjadi dengan disuntikkan sebuah program jahat (malware) yang menyusup ke ponsel pengguna tanpa diketahui.

“Caranya bisa bermacam-macam, hal yang sederhana adalah dengan memaksa korban untuk mendaftar ke layanan SMS premium,” lanjut Effendy.

Khusus tipe ponsel, perangkat Android menjadi salah satu yang paling disoroti. Pasalnya, perkembangan dari ponsel dengan sistem operasi ‘robot hihau’ ini tengah tumbuh pesat di kalangan pengguna.

“Malware (program jahat-red.) di Android jumlahnya sekitar 200-an. Masih kecil memang, tapi pertumbuhannya pesat,” kata Effendy.

Bisa dibilang, popularitas Android yang semakin tinggi turut berperan dalam menarik animo penjahat cyber untuk membuat dan menyebarkan program jahat. Namun kini tinggal bagaimana persiapan dari pengguna untuk menghalau aksi usil tersebut.

“Intinya pakai aplikasi keamanan gratisan lebih baik dibandingkan tidak menggunakan aplikasi keamanan apapun,” pungkas Effendy.

Symantec sendiri sejatinya telah memiliki aplikasi keamanan yang diberi nama Norton Mobile Security. Ada 4 fitur utama dari aplikasi ini, yaitu anti pencurian, anti malware, call & SMS blocking, serta web protection.

Aplikasi tersebut tentunya berbayar, namun jika ingin yang gratisan ada versi lainnya yang bernama Norton Mobile Security. Hanya saja ada 2 fitur yang dihilangkan, yakni tanpa call & SMS blocking serta web protection.( ash / ash )

Sumber:

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: