Lima Hacker “Terkonyol”


Dikutip dari Tempo interaktif , SENIN, 17 OKTOBER 2011 | 07:56 WIB

TEMPO InteraktifJakarta – Apakah hacker atau peretas selalu orang yang pintar? Mungkin. Tapi mereka manusia, yang bisa salah atau bahkan teledor. Ketika orang mengirahacker adalah orang pintar, Alan Wlasuk, CEO dari situs 403 Web Security, justru
menampilkan hacker yang sangat teledor dan konyol. Berikut lima hacker konyol itu.

1. Hacktivist Bangladesh, Shahee Mirza, memang jago. Dia mengubah tampilan web milik Batalion Rapid Action, militer pemerintah Bangladesh. Dia menulis pesan, “PEMERINTAH TAK MELAKUKAN APAPUN UNTUK MENGEMBANGKAN SEKTOR IT DI BANGLADESH. MALAH MEMBUAT UNDANG UNDANG ANTI CYBER CRIME. KALIAN TAK TAHU APA ITU CYBER CRIME DAN TAK TAHU BAGAIMANA MELINDUNGI DIRI SENDIRI. DENGAR, HACKER BUKANLAH PENJAHAT. MEREKA 10 KALI LIPAT DARI PADA AHLI MILIK PEMERINTAH (dibajak di Bangladesh, oleh SHAHEE_MIRZA).” Pemuda 21 tahun itu akhirnya mendapat ganjaran kurungan sepuluh tahun.

2. iPhone Sayaka Fukuda lenyap di jalanan Kota New York. Tak ada jejak untuk menemukannya. Konyolnya, Daquan Mathis, si pencuri itu, malah mengambil foto dengan iPhone itu. Fotonya masih dengan pakaian yang sama saat menjambret Fukuda. Dari e-mail Fukuda yang ada di iPhone itu, Mathis mengirim foto itu ke e-mail-nya sendiri. Nahas, akun e-mail iPhone Fukuda bisa diakses di Internet. Berbekal foto dan e-mail itu, dengan mudah Mathis dilacak dan ditangkap.

3. Tahun lalu, e-mail bintang Kelly Osborne dibajak oleh hacker. Konyolnya, si hacker tak hanya ingin membaca e-mail lampau yang sudah dikirimkan ke e-mail tersebut. Hacker itu juga ingin membaca e-mail baru di inbox Kelly. Caranya, dia meneruskan e-mail di inbox Kelly ke e-mail-nya sendiri. Alhasil, polisi bisa langsung melacak si hacker.

4. Sammy Kamkar terkenal karena virus ‘Samy Worm’. Dia bertanggung jawab atas serangan virus lebih dari 1 juta akun MySpace pada tahun 2006. Di tiap akun yang dibajak, dia memampangkan banner ‘Samy adalah Pahlawanku’. Samy juga membanggakan prestasi hacking ini dalam blognya. Sayang, blog itu berisi foto dirinya dengan latar yang mudah dikenali sehingga Samy mudah ditemukan polisi.

5. Eduard Lucian Mandru adalah hacker yang sangat pintar. Pada 2006, sistem komputer di Departemen Pertahanan Amerika Serikat menjadi korban ulahnya. Ulahnya ini tak terdeteksi selama bertahun-tahun. Karena pihak berwenang hanya punya satu petunjuk alamat e-mail(wolfenstein_ingrid@yahoo.com). Namun Mandru teledor dan tertangkap pada tahun 2009. Pasalnya, dia menggunakan e-mail yang sama dalam lamaran pekerjaan yang ia kirimkan ke beberapa lowongan.NUR ROCHMI | RWW

Sumber:

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: