Facebook Bangun Server Raksasa di Swedia


Dikutip dari Liputan6.com, Jaenal Abidin| 27/10/2011 20:43 | Facebook

Liputan6.com, Stockholm: Situs jejaring populer Facebook berencana membangun pusat server raksasa di kawasan utara Swedia, dekat Lingkaran Kutub Utara. Rencana pembangunan itu tak jauh dari pemanfaatan iklim Swedia, untuk menjaga server agar tetap dingin.

Seperti dikutip harian Norrbottens Kuriren, Rabu (26/10), situs jejaring sosial berbasis Amerika Serikat itu akan mengumumkan rencananya itu di Lulea, tempat didirikannya server, sekitar 100 kilometer selatan Kutub Utara. Koran itu juga mengutip dari pernyataan Jan Fredriksson dari Helm1 PR, agensi public relation yang mewakili Facebook di Swedia.

 

Namun, baik pihak Fredriksson maupun Facebook belum mau berkomentar mengenai hal tersebut. Bangunan server raksasa itu bakal menjadi pusat layanan internet Facebook, yang kini memiliki 800 juta pengguna aktif di seluruh dunia. Server itu akan menyimpan dan mentransfer miliaran status update, link, foto, dan seluruh aplikasi yang digunakan pengguna Facebook.

Menurut pihak berwenang Lulea, mereka sebelumnya sudah dalam tahap pembicaraan dengan pihak Facebook, untuk membangun pusat server seluas dua hektare di dekat Universitas Teknologi Lulea. Namun, mereka juga menolak untuk berkomentar.

Pembangunan tiga gedung utama server itu dperkirakan memakan waktu tiga tahun dan menelan biaya sekitar USD 760 juta.(SHA)

Sumber:

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: