Dell Luncurkan Solusi Fluid Data


Dikutip dari TEMPO Interaktif, RABU, 12 OKTOBER 2011 | 19:53 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta- Pertumbuhan data yang dalam beberapa tahun belakangan makin melonjak memaksa perusahaan untuk memodernisasi mekanisme storage miliknya.

Director dan Country Manager Dell Indonesia, Pieter Lydian, mengatakan setiap 18 bulan besar data yang beredar di seluruh dunia bertambah hingga dua kali lipat dari sebelumnya.

“Masalah yang dihadapi bukan hanya dalam hal menyimpan data yang sedemikian besar, namun juga mengelolanya,” ujarnya dalam press briefing Dell di Ritz Carlton, Jakarta, 12 Oktober 2011.

Untuk mengatasi masalah ini, ujarnya, Dell mengeluarkan solusi storage baru yang memakai teknologi yang disebut Dell Fluid Data. “Perbedaan dengan kompetitor terletak dalam kemampuan solusi yang Dell tawarkan dalam mengelola data,” ujarnya menambahkan.

Solusi ini memiliki kemampuan untuk mengenali data penting yang paling sering diakses oleh pengguna dan secara otomatis memberikan prioritas pada data-data penting tersebut. Hal ini, Pieter menambahkan, memberikan kemudahan kepada para pengguna dalam mengakses data yang diinginkan.

Teknologi Fluid Data telah ada dalam beberapa jajaran produk yang dimiliki Dell, seperti Dell PowerVault yang diperuntukkan bagi UKM atau pasar entry level, Dell EqualLogic yang ditargetkan untuk perusahaan yang sedang berkembang, dan Dell Compellent yang diperuntukkan bagi korporasi besar atau enterprise.

Dengan menggunakan Dell Compellent, data enterprise secara aktif dan pintar dapat dikelola masa siklus hidupnya, sehingga memungkinkan perusahaan secara konstan mengadaptasi perubahan kondisi usaha.

Arsitektur Fluid Data, virtualisasi storage, intelligent software, dan modular hardware juga memberikan efisiensi pada storage perusahaan.

Sementara itu, EqualLogic FS7500 yang baru telah menggunakan Dell Scalable File System, yakni sistem clustered file dengan performa tinggi yang memiliki fitur-fitur pada sistem yang high-end seperti advanced caching, load balancing dan multithreading.

Dell mengklaim banyak keuntungan yang bisa diraih dengan penggunaan teknologi fluid data, antara lain pelaksanaan penyimpanan yang 75 persen lebih cepat, mengurangi 55 persen back up time, hingga meningkatkan recovery data hingga 70 persen.

Selain itu, teknologi ini juga dikatakan mampu menghemat ongkos yang hingga 50 persen bila dibandingkan dengan tiered storage. Dell sendiri menganggap pasar storage, termasuk Indonesia, masih menjanjikan. “Karena itu Dell akan fokus pada bisnis storage,” ujar Pieter. RATNANING ASIH

Sumber:

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: