Penerus Stuxnet Manfaatkan Celah di Windows


Dikutip dari KOMPAS.com Wicak Hidayat | Reza Wahyudi | Rabu, 2 November 2011 | 08:53 WIB

KOMPAS.com – Program jahat berjulukan Duqu, diyakini menyebar dengan memanfaatkan celah di sistem operasi Windows. Duqu adalah penerus Stuxnet, virus pembobol pabrik nuklir.

Microsoft mengungkapkan bahwa pihak-pihak tak dikenal telah memanfaatkan sebuah celah pada sistem operasi Windows untuk menyebarkan program jahat itu. Celah ini tadinya tak diketahui oleh Microsoft.

“Kami sedang giat menyelesaikan isu ini dan akan segera merilis update keamanan bagi pengguna,” sebut pernyataan resmi Microsoft.

Duqu awalnya diketahui pada Oktober 2011. Program jahat ini dikhawatirkan bisa menjadi ancaman cyber besar berikutnya setelah Stuxnet. Stuxnet menjadi perbincangan luas karena memiliki target spesifik pembangkit listrik tenaga nuklir di Iran. Meski memiliki target spesifik, penyebaran Stuxnet meluas ke seluruh dunia.

Hingga kini masih misterius siapa pembuat Stuxnet dan apa motivasinya. Di duga Duqu juga berasal dari pihak yang sama. Dugaan itu muncul karena kode penyusun Duqu, menurut analisis, memiliki kode yang sama dengan Stuxnet. Duqu pun dikhawatirkan telah dirancang untuk menyerang infrastruktur kritis seperti pembangkit listrik, pengolah minyak, dan lainnya.

Peneliti dari Symantec, Kevin Haley, mengatakan Duqu disebar dengan memanfaatkan dokumen Microsoft Word. Saat masuk ke sebuah jaringan, Duqu akan secara aktif memburu data tertentu. Haley mengatakan ada dua kemungkinan di balik Duqu. Kemungkinan pertama, pembuat Duqu mendapatkan kode penyusun Stuxnet, entah secara baik-baik atau dengan mencuri. Kemungkinan kedua, Duqu dan Stuxnet dibuat oleh pihak yang sama.

Sumber , dan Berita Terkait:
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: