Google: Microsoft ‘Hisap’ Android Karena Produknya Gagal


Dikutip dari detikinet, Senin, 07/11/2011 11:20 WIB , Fino Yurio Kristo – detikinet

Jakarta – Microsoft ‘menghisap’ banyak uang dari para vendor Android yang membayar lisensi paten miliknya. Google selaku pembuat Android jelas merasa frustrasi dan beberapa kali menyerang strategi Microsoft tersebut.

Pengacara Google menilai sistem hukum paten telah rusak dan Microsoft pun memanfaatkannya. Hal ini dilatarbelakangi ketidaksuksesan produk Microsoft, merujuk kurang bersinarnya Windows Phone.

“Sayangnya, Anda tidak tahu apa yang dicover paten-paten tersebut sampai pengadilan memutuskannya dalam proses hukum,” kata pengacara paten Google, Tim Porter seperti detikINET kutip dari Cnet, Senin (7/11/2011).

“Ini adalah taktik yang telah dipakai Microsoft pada masa lalu, dengan Linux sebagai contoh. Ketika kesuksesan produk mereka mentok, ketika mereka jadi termarginalkan, mereka menggunakan portofolio besar patennya untuk menggaet pendapatan dari sukses perusahaan lain,” imbuh Porter.

Microsoft menandatangani kesepakatan lisensi paten dengan berbagai vendor Android besar seperti HTC, Samsung dan Acer. Sayangnya tidak disebutkan dengan jelas paten apa yang dilisensi Microsoft.

Porter membantah persoalan paten menghambat perkembangan Android, namun yang jelas inovasi sedikit terhambat. “Semakin orang terganggu dengan proses hukum semakin sedikit yang mereka temukan. Anda bisa melihat ketika software belum dipatenkan dan inovasi terus terjadi,” kata dia. ( fyk / ash )

Sumber:

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: