Masyarakat Mulai Melek Cloud Computing


Dikutip dari TEMPO.CO, SENIN, 19 DESEMBER 2011 | 10:57 WIB

TEMPO.CO , Jakarta – Pemahaman terhadap komputasi awan (cloud computing) di Indonesia dipandang semakin matang. Meleknya masyarakat terhadap teknologi IT ini terlihat dari mulai banyaknya perusahaan yang menggunakan layanan tersebut.

Dalam layanan komputasi awan, pengguna tak perlu pusing mengurus bagaimana ia menyimpan data. Yang penting, dia dapat memanggil data yang diingnkan di mana dan kapan pun, asalkan terhubung dengan Internet.

Menurut EMC, perusahaan penyedia teknologi IT, pada tahun ini, terdapat percepatan dalam adopsi teknologi cloud computing. Kini, pelanggan tidak lagi bertanya, apa itu komputasi awan dan haruskah mereka menggunakannya? Sekarang, pertanyaannya justru sejauh mana penerapan teknologi ini dapat digunakan untuk kelangsungan bisnis mereka?

“Pada 2012, saya kira teknologi cloud akan menjadi sesuatu yang normal digunakan, dalam artian tidak perlu dibicarakan dalam tema khusus seperti sekarang,” ujar Adi Rusli, Country Manager EMC Indonesia, di Jakarta, Jumat, 16 Desember 2011.

Ia juga meyakini bahwa penggunaan komputasi awan akan menjadi teknologi yang membawa perubahan atas cara perusahaan berinteraksi dengan pelanggan dan juga staf, serta cara perusahaan mengakses informasi ini.

“Perubahan besar ini akan ditunjang tiga hal, yaitu cloud, sosial, dan perangkat bergerak,” katanya.

Rusli menambahkan, bisnis EMC mengalami pertumbuhan yang signifikan pada tahun 2011. “Pertumbuhan pada semester satu mencapai 85 persen dan pada kuarter ketiga tumbuh 78 persen dibanding kuarter sebelumnya,” ujarnya.

Analisis data besar (big data) disebutnya sebagai mesin penggerak pertumbuhan pada tahun 2011 ini. EMC juga melihat bahwa momentum dan minat pada data besar ini akan berlanjut hingga tahun depan, sehingga peluang dalam bisnis ini masih sangat terbuka. RATNANING ASIH

Sumber:

Link Berita Terkait:

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: