Penemu Celah di Facebook Diganjar Kartu Debit ‘Unlimited’


Dikutip dari Santi Dwi Jayanti – detikinet, Selasa, 03/01/2012 13:54 WIB
Palo Alto, California – Kartu ini bukan kartu debit biasa. Ia khusus dikeluarkan oleh Facebook untuk para hacker yang berjasa bagi situs pertemanan ini.

Menindaklanjuti program bertajuk bug bounty yang diluncurkan Facebook pada bulan Juli tahun lalu, Facebook kini meluncurkan Visa debit card ‘White Hat’.

Ia diberikan untuk orang-orang yang berhasil menemukan bug (celah) di situs Facebook. Sesuai fungsinya, kartu ini bisa dipakai untuk belanja, atau menarik uang dari ATM.

Berapa batasan total belanja yang bisa dilakukan? Tidak ada. Hacker penemu bug akan bisa leluasa belanja dengan kartu debit tersebut tanpa batasan, selagi Facebook menambahkan uang di akun mereka.

“Peneliti yang menemukan bug dan membantu perbaikan keamanan sangat langka. Kami menghargai dan memberikan reward pada mereka,” ujar Ryan McGeehan, Manager Keamanan Facebook seperti yang dikutip detikINET dari Cnet, Selasa (3/2/2012).

“Memiliki kartu eksklusif ini adalah cara lain untuk mengenali mereka. Kartu ini bisa dipamerkan di sebuah konferensi sembari mengatakan ‘aku telah melakukan sesuatu yang spesial untuk Facebook’,” tambah McGeehan.

Kartu White Hat agaknya benar-benar dipakai Facebook sebagai magnet untuk lebih mendorong hacker membantu keamanan situs jejaring populer ini. Selain untuk belanja sepuasnya, kartu ini direncanakan juga bisa dipakai sebagai kartu masuk ke pesta.

Program berburu bug dirilis Facebook mengikuti jejak Mozilla dan Google. Facebook memberikan uang minimal USD 500 untuk tiap bug yang ditemukan, dan tidak ada nominal maksimum.

Dilaporkan, uang terbanyak yang pernah digelontorkan Facebook untuk program ini ialah USD 5.000. Diakui Facebook, hal tersebut sudah dilakukan beberapa kali. ( sha / ash )
Sumber:

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: