Serangan brutal Israel ke jalur Gaza menuai serangan cyber Anonymous


Beberapa  berita diambil dari situs berita dan saling berkaitan, tentang imbas serangan brutal Israel ke jalur Gaza…. mudah-mudahan bisa selalu di update.

Kronologis Serangan Anonymous ke Israel

Susetyo Dwi Prihadi – detikinet
Senin, 19/11/2012 12:56 WIB

Jakarta – Serangan udara Israel ke jalur Gaza dikecam banyak pihak. Di dunia maya, kelompok hacker Anonymous pun mengutuk aksi biadab negara zionis tersebut, bahkan mereka melakukan perlawanan atas nama kemanusiaan.

Bermula dari kecaman yang ternyata tak digubris oleh pemerintah Israel, membuat kelompok yang selalu menggunakan topeng khas bila muncul ke dunia nyata itu geram, sehingga melakukan aksi penyerangan.

Nah, berikut kronologis serangan Anonymous terhadap sejumlah situs Israel, yang detikINET rangkum dari berbagai sumber, Senin (19/11/2012).

14 November 2012

Para pengunjuk rasa yang mengaku menjadi bagian dari gerakan Anonymous mengecam serangan 14 November oleh militer Israel terhadap pimpinan Hamas yang diduga bertanggung jawab atas ratusan serangan roket terhadap warga sipil Israel.

Dalam sebuah pernyataan online, Anonymous memperingatkan Israel Defense Force (IDF) — militer Israel — untuk tidak untuk memotong akses online warga Palestina di Gaza untuk mendapatkan pesan ke dunia, meskipun tidak jelas apakah IDF benar-benar untuk melakukannya.

“Untuk rakyat Gaza dan wilayah pendudukan, kami Anonymous berada di samping Anda untuk bertarung,” kata pernyataan itu.

“Kami akan melakukan segalanya dalam kekuasaan kami untuk menghambat kekuatan jahat IDF yang tersusun terhadap Anda. Kami akan menggunakan semua sumber daya kami untuk memastikan Anda tetap terhubung ke Internet dan tetap dapat mengirimkan pengalaman Anda ke seluruh dunia.”

Protes secara online yang dijuluki ‘OpIsrael’ datang setelah Israel melancarkan serangan terhadap pemimpin Hamas di Gaza sebagai pembalasan atas rudal yang dikirimkan beberapa hari terakhir. Hamas telah meluncurkan lebih dari 500 roket dan rudal ke wilayah Israel pada tahun 2012, menurut statistik yang dikumpulkan oleh pemerintah Israel.

15 November 2012

Pagi hari di 15 November 2012, sebuah postingan diduga dari pendukung Anonymous mengkritik Israel karena serangan yang brutal. Pada saat yang sama, Anonymous mulai melakukan serangan berbasis denial-of-service (DDoS).

Serangan pertama ini mulai menargetkan website dari Angkatan Pertahanan Israel dan kantor Perdana Menteri serta bank Israel, maskapai penerbangan dan perusahaan infrastruktur.

Pada tanggal yang sama, anggota gerakan ini melunak. Mereka mengaku tidak pada pihak manapun dari konflik ini.

“Anonymous tidak mendukung kekerasan oleh IDF atau Perlawanan Palestina / Hamas. Perhatian kami adalah untuk anak-anak Israel dan Wilayah Palestina dan hak-hak orang-orang di Gaza untuk menjaga jalur komunikasi yang terbuka dengan dunia luar.”

17 November 2012

Kelompok Anonymous kembali kobarkan pernyataan cyberwar terhadap Israel melalui sebuah postingan video YouTube yang diupload tertanggal 17 November 2012. Di video tersebut, salah seorang yang diduga Anonymous tersebut mengucapkan janji akan menyerang Israel, bila negara tersebut belum berhenti membombardir Gaza.

Dalam pesan yang diklaim merupakan Anonymous Collective, kelompok itu berjanji akan melakukan segala upaya untuk melumpuhkan sistem internet Israel, mulai dari hack, deface, docks, hijack, mencuri informasi di database, mengambil alih admin dan mematikan DNS.

19 November

Sampai Senin (19/11), Anonymous mengklaim telah meretas ratusan situs yang berbasis di Israel. Tidak hanya itu, Anonymous juga dilaporkan telah mencuri email dan password, serta database krusial dari Bank Jerusalem dan Kementerian Luar Negeri Israel.

Anonymous mengaku telah menangguk sejumlah data sensitif. Di antaranya berisi lebih dari 3.000 data individu yang telah mendonasikan uangnya untuk kelompok pro Israel, Unity Coalition for Israel.

Data-data tersebut ditemukan Anonymous pasca memborbardir hampir 700 situs milik Israel dan menguras sejumlah database situs-situs yang diacak-acaknya tersebut.( tyo / ash ) 

Sumber:

Berbau Israel, Hacker Pakistan Serang MSN & Bing

Susetyo Dwi Prihadi – detikinet
Selasa, 20/11/2012 12:48 WIB
Jakarta – Tak lama setelah Anonymous menyatakan deklarasi cyberwarterhadap Israel sebagai protes atas penyerangan di jalur Gaza, kelompok Hacker asal Pakistan unjuk gigi dengan menyerang situs milik Microsoft.Ya, dua situs MSN dan Bing versi Israel yang beralamat di Bing.co.il dan Msn.il sempat diubah tampilannya dengan latar belakang hitam dengan beberapa pesan yang dimaksudkan untuk pemerintah Israel.

“On the behalf of all Pakistani and all Muslims, promising that your war on Gaza will make you cry blood,” demikian salah satu potongan pesan yang terpampang, seperti detikINET kutip dari The Verge, Selasa (20/11/2012).

Microsoft yang menyadari aksi tersebut langsung melakukan proteksi terhadap produknya tersebut agar bisa diakses dengan normal. Memang saat ini untuk Bing dan MSN sudah bisa dibuka walau lama. Namun Skype, masih belum bisa dibuka.

Sebelumnya, serangan cyber yang dilancarkan kelompok hacker Anonymous menangguk sejumlah data sensitif. Di antaranya berisi lebih dari 3.000 data individu yang telah mendonasikan uangnya untuk kelompok pro Israel, Unity Coalition for Israel.

Anonymous mengaku telah membocorkan data-data rahasia yang dimilikinya tersebut di situs Pastebin. Data pribadi yang diungkap mulai dari alamat, nomor telepon, dan kontak email.

Data-data tersebut ditemukan Anonymous pasca memborbardir hampir 700 situs milik Israel dan menguras sejumlah database situs-situs yang diacak-acaknya tersebut. ( tyo / ash ) 

Sumber:

Hacker Indonesia Pilih ‘Jihad’ untuk Palestina

Trisno Heriyanto – detikinet
Senin, 19/11/2012 14:20 WIB

Jakarta – Daripada menyerang situs Israel dengan membabi buta, sejumlah hacker di Indonesia mengaku lebih memilih untuk ‘berjihad’ di Palestina.

Jihad di sini sudah pasti bukan bertempur dengan senjata api atau sejenisnya, namun para peretas Tanah Air berjanji akan membuat warga Palestina agar bisa terus berkomunikasi di dunia maya.

“Dapat tugasnya cuma membuat jalur koneksi internet di Palestina tetap hidup,” pengakuan salah satu hacker Indonesia kepada detikINET, Senin (19/11/2012).

Seperti diketahui bahwa sebelumnya Israel telah memutuskan koneksi internet di jalur Gaza. Alhasil, warga sekitar seakan terisolasi dari dunia luar untuk mendapatkan informasi terkini.

Melihat kondisi tersebut, ada sekelompok hacker yang dengan sukarela membuat jalur intenet dengan jaringan dial-up. Tapi hal ini pun dirasa belum cukup, karena selain tidak aman, akses melalui jalur tersebut tergolong sempit.

Kini, para kelompok hacker pun terus mencari cara agar warga Palestina bisa online seperti sedia kala.

“Jalur FO (fiber optik) dari Turki ke Palestina sudah diblokir Israel, jadi terpaksa harus meretas jalur baru, dan itu adalah jalur yang digunakan oleh bank Israel,” ungkap hacker yang pernah menerobos jaringan NASA tersebut.

Sebelumnya, hacker Indonesia menyatakan untuk tidak ikut terlibat dengan aksi cyberwar yang dicetuskan Anonymous terhadap Israel. Tetapi melihat kondisi Palestina yang semakin memprihatinkan, sepertinya para peretas lokal berubah pikiran.

Finally tim indonesia memutuskan ikut serta, wish me luck,” tutup hacker yang tidak ingin disebutkan identitasnya itu.( eno / ash ) 

Sumber:

Hacker Indonesia Ikut Gempur Situs Israel?

Trisno Heriyanto – detikinet
Senin, 19/11/2012 11:48 WIB

Jakarta – Kelompok hacker Anonymous dengan tegas mengobarkan cyberwarterhadap Israel dan telah melumpuhkan ratusan situs milik negeri zionis tersebut. Lantas, apakah para peretas di Tanah Air juga ikut terlibat?

Aksi yang dilakukan Anonymous dilakukan sebagai bentuk protes atas serangan Israel ke jalur Gaza yang telah menelan korban puluhan nyawa.

Nah, grup Anonymous yang tidak diketahui asal usulnya itu bisa jadi melakukan penyerangan dari berbagai tempat, tapi apa termasuk dari Indonesia?

“Kecil kemungkinannya,” ujar Alfons Tanujaya, praktisi keamanan internet dari Vaksincom kepadadetikINET, Senin (19/11/2012).

Pun begitu, gonjang-ganjing soal penyerangan di Israel juga mendapat perhatian dari kelompok hacker Tanah Air. Hanya saja mereka memilih untuk tidak ikut campur dalam pertempuran tersebut.

“Dulu mereka di-back up sama tim dari AS (Amerika Serikat), jadi enak, tantangannya gede. Sekarang sudah nggak lagi, satelitnya saja sudah banyak yang mati, jadi nggak ada yang bisa dimanfaatin,” imbuh salah satu hacker kawakan yang tidak ingin disebutkan identitasnya itu kepada detikINET.

Hingga kini serangan Anonymous masih bergulir di dunia maya Israel, dan belum diketahui secara pasti sejauh mana kerusakan yang sudah ditimbulkan oleh kelompok tersebut.( eno / ash ) 

Sumber:

Mengintip Sistem Pertahanan Cyber Israel

Fino Yurio Kristo – detikinet
Senin, 19/11/2012 11:03 WIB

Jakarta – Israel punya banyak musuh sehingga negeri zionis ini selalu waspada terhadap kemungkinan serangan. Termasuk serangan cyber dari para hacker atau yang disponsori negara tertentu.

“Terdapat lonjakan upaya serangan cyber dan setiap hari ada insiden untuk menyusupi komputer pemerintahan kita,” kata Perdana Menteri Israel, Benjamin Nentanyahu belum lama ini.

“Seperti kita punya sistem Iron Dome untuk melawan misil, kita akan punya sistem pertahanan untuk menghadapi serangan cyber,” kata dia yangdetikINET kutip dari United Press International, Senin (19/11/2012).

Tahun 2011, Nentanyahu meresmikan berdirinya National Cyber Headquarters sebagai pusat pertahanan cyber. Tujuannya adalah untuk melindungi infrastruktur nasional yang penting seperti listrik, air dan sistem keuangan.

Memang tidak dijelaskan seperti apa detail pertahanan cyber Israel. Yang pasti di samping untuk pertahanan, juga untuk melakukan serangan cyber jika diperlukan.

Kabarnya, Israel mendedikasikan 8.200 staf khusus di unit pertahanan cybernya. Sedangkan budget yang akan dikucurkan sebesar USD 515 juta dalam beberapa tahun mendayang.

Tak hanya itu, Israel juga melatih para hacker berbakat bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi. Misalnya dengan Ben Gurion University yang bersama Israel Defences Forces melakukan program pelatihan hacker.

Universitas itu pun menjanjikan mereka yang mengambil jurusan ini akan mendapat pekerjaan yang menggiurkan. Kemungkinan, lulusannya bakal bekerja untuk pemerintah.

Terbukti sekarang Israel diserbu gelombang serangan cyber. Serangan brutal Israel ke jalur Gaza menuai kecaman dan membuat hacker bersatu menyerbu negeri ini. Israel mengklaim bisa menetralisir serangan, meskipun grup hacker terkenal Anonymous mengklaim berhasil merusak beberapa website penting di sana.( fyk / ash ) 

Sumber:

Ssstt… Anonymous Bocorkan 3.000 Nama Donatur Pro Israel

Ardhi Suryadhi – detikinet
Senin, 19/11/2012 11:08 WIB

Jakarta – Serangan cyber yang dilancarkan kelompok hacker Anonymous menangguk sejumlah data sensitif. Di antaranya berisi lebih dari 3.000 data individu yang telah mendonasikan uangnya untuk kelompok pro Israel, Unity Coalition for Israel.

Seperti dikutip detikINET dari The Next Web, Anonymous mengaku telah membocorkan data-data rahasia yang dimilikinya tersebut di situs Pastebin. Data pribadi yang diungkap mulai dari alamat, nomor telepon, dan kontak email.

Data-data tersebut ditemukan Anonymous pasca memborbardir hampir 700 situs milik Israel dan menguras sejumlah database situs-situs yang diacak-acaknya tersebut.

Nah, pertanyaan yang kemudian muncul adalah, siapa saja para penyandang dana bagi kelompok pro Israel ini? Saat ditelusuri The Next Web di situs Pastebin, mereka agak kesulitan untuk mengungkap semua data yang dibocorkan Anonymous tersebut.

Namun dalam data yang belum sepenuhnya terkumpul itu terdapat nama senator incumbent AS Daniel Inouye yang terkenal memiliki kedekatan dengan kubu Israel sebagai seorang politisi.

Nama lainnya adalah mantan senator AS Spencer Abraham, Christopher Bond, John Breaux, Alfonse D’Amato dan Rod Grams, serta pihak penting lainnya dari kalangan pemerintahan dan NGO.

Namun The Next Web belum memastikan apakah data-data yang muncul di Pastebin tersebut akurat. Namun belajar dari pengalaman terdahulu, data yang diumbar Anonymous biasanya berisi data yang bisa dipegang kesahihannya.( ash / fyk ) 

Sumber:

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: