setkab.go.id diretas


466978_620Akhir 2015 ini, beberapa waktu lalu khalayak ramai siber Indonesia mendapati situs setkab.go.id diretas. ini merupakan kesekiankalinya situs milik pemerintah diretas oleh cracker/defacer.

Berikut ini beberapa berita yang berhasil dikutip:

TEMPO.CO: Duh, Situs Setkab.go.id Diretas, Ada Tengkorak & Musik Disko

KAMIS, 24 DESEMBER 2015 | 16:04 WIB

TEMPO.COJakarta – Website resmi Sekretariat Kabinet, Setkab.go.id, ‎diretas orang tak dikenal. Tampilan utama website tersebut tampak tertutup berbagai gambar kode. Kode yang terdiri atas angka dan huruf tersebut juga membentuk gambar tengkorak.

Saat dibuka, seluruh tampilan situs akan tertutup kode berlatar hitam. Beberapa saat kemudian, tampilan normal kembali. Namun di beberapa sudut terdapat tiga banner peretas yang salah satunya bertulisan “Hacker Attack!” Pada bagian atas juga terdapat tulisan “Hello from the dark side, may force be with you.”‎

Selain itu, peretas menyelipkan musik bernada disko. Beberapa berita yang ada dalam situs tersebut juga tak bisa dibuka. Saat tautan berita diklik, yang muncul adalah dokumen berformat Pdf yang berisi kinerja pemerintah Jokowi-JK selama setahun.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengaku sudah mengetahui ihwal peretasan tersebut. “Sudah tahu dan sedang ditangani. Untuk Twitter, Facebook, dan Instagram Seskab bisa diakses seperti biasa,” kata Pramono melalui pesan pendek, Kamis, 24 Desember 2015.

FAIZ NASHRILLAH‎

Source:

cnnindonesia.com: Diretas, Website Setkab Tampilkan Gambar Tengkorak

Aditya Panji, CNN Indonesia | Kamis, 24/12/2015 15:20 WIB

Jakarta, CNN Indonesia — Situs web resmi Sekretariat Kabinet atau Setkab yang beralamat di setkab.go.id, diretas oleh seorang yang tidak diketahui identitasnya pada Kamis (24/12) sekitar jam 14.30 WIB.

Dari pantauan CNN Indonesia, si peretas mencantumkan teks di situs Setkab berbunyi “Hello from the dark side, may force be with you :)”

36ca044d-83d1-4cc9-aa9d-dc9ba7f4c1b0_169

Situs web Setkab diretas pada Kamis, 24 Desember 2015, sekitar pukul 14.30 WIB. (Dok. Setkab)

Si peretas meninggalkan susunan huruf dan angka yang jika disatukan menggambarkan tengkorak manusia dan hewan. Ada pula sejumlah teks dan garis-garis yang berjalan, dan peretas menambahkan house music sebagai musik latar situs tersebut.

Dalam aksi ini, si peretas melakukan penggantian tampilan antarmuka. Jika tampilan ini diklik, maka pengunjung akan dibawa ke laporan “Pencapaian 1 Tahun Jokowi-JK” dalam format .PDF dan musik latarnya akan hilang.

Hingga pukul 15.20 WIB, situs tersebut masih mengalami gangguan dan belum teratasi.

Update: Pada pukul 18.30 WIB, situs setkab.go.id telah pulih sepenuhnya. Setkab meminta bantuan Kemenkopolhukam, Kepolisian, dan Lembaga Sandi Negara, untuk melakukan kajian dan penyelidikan peretasan ini. (adt)

Source:

netizenpos.com: Situs setkab.go.id Diretas Hacker

Netizenpos.com – Aksi hacker kembali terjadi, dan kali ini yang menjadi sasarannya adalah situs setkab.go.id.

Akibat aksi peretasan tersebut, situs yang biasanya menginformasikan kegiatan Presiden Joko Widodo tidak dapat diakses sama sekali. Aksi peretasan tesebut baru diketahui pada Kamis (24/12) siang.

Sekretaris Kabinet, Pramono Anung mengakui jika laman tersebut memang telah diretas. “Hari ini (diretas), dan saat ini sedang ditangani. Untuk Twitter, Facebook dan Instagram, Setkab bisa diakses seperti biasa,” jelas Pramono saat dikonfirmasi vivanews.

Saat dibuka melalui smartphone, situs Setkab memang tampak diretas karena muncul gambar tengkorak. Namun saat dibuka kembali, terdengar lantunan musik disko. Sedangkan jika dibuka melalui komputer, laman setkab.go.id akan muncul laman yang lain.

Hingga saat ini belum ada penjelasan siapa pihak yang bertanggungjawab atas aksi peretasan laman Setkab tersebut.

Source:

 

cnnindonesia.com: Setelah Diretas, Website Setkab Tak Bisa Diakses

Aditya Panji, CNN Indonesia | Kamis, 24/12/2015 17:23 WIB

Jakarta, CNN Indonesia — Beberapa jam setelah diretas dan diubah tampilannya oleh peretas, situs web resmi Sekretariat Kabinet (Setkab) tidak dapat diakses oleh pengunjung pada Kamis (24/12) sekitar pukul 17.20 WIB.

Dalam tampilan utama situs beralamat setkab.go.id, terdapat teks yang menjelaskan untuk sementara situs tersebut tidak dapat diakses.

“Error 404 Page. Oops! We couldn’t find it,” demikian pesan di situs web itu. Nampaknya saat ini tim teknologi informasi Setkab sedang berupaya memulihkan situs mereka dari serangan siber yang terjadi.

Dari pantauan CNN Indonesia sekitar jam 14.30 WIB hari ini, situs web tersebut diretas dan diubah tampilannya dengan susunan huruf dan angka yang jika disatukan menggambarkan tengkorak manusia dan hewan. Ada pula sejumlah teks dan garis-garis yang berjalan, dan peretas menambahkan house music sebagai musik latar situs tersebut.

Baca juga: Diretas, Website Setkab Tampilkan Gambar Tengkorak

Sebelumnya, jika pengunjung mengklik menu atau tampilan pada situs Setkab, maka mereka akan diarahkan ke halaman laporan “Pencapaian 1 Tahun Jokowi-JK” dalam format .PDF dan musik latarnya akan hilang.

Hingga pukul 17.30 WIB, situs web Setkab belum pulih sepenuhnya.

Update: Pada pukul 18.30 WIB, situs setkab.go.id telah pulih sepenuhnya. Setkab meminta bantuan Kemenkopolhukam, Kepolisian, dan Lembaga Sandi Negara, untuk melakukan kajian dan penyelidikan peretasan ini. (adt)

Source:

okezone.com: Ini Penyebab Situs Setkab Bisa Diserang Hacker

Jum’at, 25 Desember 2015 – 12:12 wib | Jurnalis| Aditya Gema

 

JAKARTA – Situs resmi Sekretaris Kabinet (Setkab) dibobol oleh peretas. Sebenarnya apa penyebab situs penting milik negara tersebut bisa dibobol?

Pakar Keamanan Siber Pratama D Persadha menjelaskan, bobolnya situs Setgab akibat banyaknya celah yang bisa digunakan para hacker.

“Dari cache yang ada, kemungkinan web Setkab menggunakan template modifikasi wordpress, woocommerce. Bila benar, maka kemungkinan celah lewat template,” kata Pratama kepada Okezone, Jumat (25/12/2015).

Pria yang juga CEO Communication and Information System Security Research Center (CISSReC) itu, menyoroti mudahnya akses admin.

“Login adminnya bisa diakses dari mana saja, dengan alamat ip yang sama di bawahnya,” tuturnya.

Untuk informasi, situs setkab.go.id sempat di de-face laman mukanya oleh peretas, di mana terdapat tulisan hacking, failed, hacker typer, dan numerating target yang ada di laman tersebut.

Selain itu, terdapat juga gambar berbentuk tengkorak di tengah-tengah laman situs yang biasa menampilkan kegiatan Presiden Jokowi ini.

(kem)

Source:

 

jpnn.com: Website Setkab Diretas, Ternyata Ada Gambar…

Jum’at, 25 Desember 2015 , 02:50:00

JAKARTA – Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengakui bahwa pada Rabu (34/12) siang sekitar pukul 14:00 WIB, situs Sekretariat Kabinet yang dengan laman: www.setkab.go.id diretas. Peretas membuat website tersebut bergambar tengkorak dan terdengar musik disko. Padahal, website itu cukup sering diakses publik karena berisi artikel-artikel tentang kegiatan kepresidenan.‎

“Untuk mengatasi peretasan ini, telah dilakukan langkah menghilangkan gambar hasil peretasan sehingga tampilan setkab.go.id bisa kembali seperti semula,” ujar Pramono.

Menurutnya, hasil analisis internal menduga peretasan dilakukan melalui Plugin CMS (Content Management System). Salah satu teknik yang digunakan adalah dengan melakukan eksploitasi terhadap plugin CMS tersebut.

Saat ini, tim IT Setkab juga telah mengamankan data yang tersimpan dalam situs. Terutama mengamankan halaman admin pengelola setkab.go.id. Langkah ini sebagai upaya pencegahan jika ada peretasan berikutnya.

“Kami juga melakukan pengamanan situs setkab.go.id pascaperetasan. Termasuk dengan meminta Kemenko Polhukam, Kepolisian RI yang membidangi cyber crime, dan Lembaga Sandi Negara untuk melakukan kajian dan penyelidikan atas peristiwa peretasan tersebut,” imbuh Pramono.

Setelah ditempuh beberapa langkah tersebut, terutama langkah pertama dan kedua, data yang sebelumnya sempat hilang, sedikit demi sedikit bisa dipulihkan kembali. Sejak pukul 18:45 WIB, situs setkab.go.id telah beroperasi kembali seperti sedia kala.(flo/jpnn)

Source:

detik.com: Situs Setkab Sempat Diretas, Seskab Meminta Polri untuk Selidiki Pelaku

Bagus Prihantoro Nugroho – detikNews | Jumat 25 Dec 2015, 07:00 WIB
Jakarta – Situs Sekretariat Kabinet yang beralamat di www.setkab.go.iddiretas oleh orang tak dikenal kemarin siang. Seskab Pramono Anung kemudian menyatakan pihaknya telah melakukan sejumlah langkah, termasuk melapor ke pihak berwajib.
1ff96067-3cd4-45a8-896d-e7d62d71f27a_169

Tangkapan Layar Situs Setkab

“Di antaranya dengan meminta Kemenko Polhukam, Kepolisian RI yang membidangi cyber crime, dan Lembaga Sandi Negara untuk melakukan kajian dan penyelidikan atas peristiwa peretasan tersebut,” ujar Pramono dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Kamis malam (24/12/2015).

(Baca juga: Situs Sekretariat Kabinet Dibobol Hacker)

Saat diretas, situs tersebut memperlihatkan gambar terngkorak dan memperdengarkan musik disko. Hingga sore hari situs itu belum bisa diakses meski gambar tengkorak sudah tak tampak.

75b10ab8-4526-4838-8963-4eaeabf4e3bf

Tampilan saat situs Setkab diretas.

 “Hasil analisis internal kami, peretasan diduga kuat dilakukan melalui Plugin CMS (Content Management System). Salah satu teknik yang digunakan adalah dengan melakukan eksploitasi terhadap plugin CMS tersebut,” imbuh Pramono.

Setelah itu dilakukan langkah untuk melindungi data-data yang tersimpan. Salah satunya yang utama adalah halaman administrator untuk mencegah kejadian serupa.

“Setelah ditempuh beberapa langkah tersebut, terutama langkah pertama dan kedua, data yang sebelumnya sempat hilang, sedikit demi sedikit dapat dipulihkan kembali. Sejak pukul 18.45 WIB, situs setkab.go.id telah beroperasi kembali seperti sedia kala,” ujar Pramono.
(bag/hat)

Source:

 

rappler.com: Setkab minta Polri lakukan penyelidikan pasca peretasan

Bukan yang pertama kali menimpa situs lembaga negara

Rappler.com | Published 9:54 AM, December 25, 2015 | Updated 9:56 AM, December 25, 2015

JAKARTA, Indonesia — Kementerian Sekretaris Kabinet (Setkab) akan meminta Polri terutama bagian cybercrime untuk mengusut pembobolan situs setkab.go.id, yang terjadi kemarin sore. Pembobolan ini mengakibatkan situs tersebut berubah penampilan.

Yakni tampilan mukanya berupa gambar tengkorak, dengan ilustrasi musik disko. Selain itu, diketahui ada sejumlah data yang hilang.

“Kami meminta Kemenko Polhukam dan Kepolisian RI untuk mengkaji dan menyelidiki masalah ini,” kata Menteri Sekretaris Negara Pramono Anung, dalam siaran persnya, kemarin.

Setelah diketahui diretas, Setkab sudah melakukan pemulihan sehingga situs ini bisa diakses sebagaimana biasa. Selanjutnya data yang sempat hilang sudah bisa dikembalikan. Data-data di bagian admin sudah diamankan, sebagai bentuk antisipasi dari kemungkinan peretasan berikutnya.

“Hasil analisis kami, peretasan dilakukan melalui plugin CMS (content managemen system). Salah satu yang dilakukan adalah dengan melakukan eksploitasi konten CMS tersebut,” kata Pramono.

Dengan langkah-langkah tersebut, situs setkab.go.id sudah bisa diakses seperti sediakala sejak pukul 18.45.

Kejadian ini bukan yang pertama kali menimpa situs lembaga negara. Situs milik Polri dan presidensby.info juga pernah mengalami hal serupa. Tahun 2013, perusahaan penyedia jasa internet terkemuka Akamai menempatkan Indonesia di urutan kedua setelah China dari 117 negara asal serangan internet tertinggi di dunia. — Rappler.com

Source:

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: